Pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.59903/ebussiness.v4i2.117Keywords:
e-commerce, Peningkatan PendapatanAbstract
E-Commerce di Indonesia berkembang pesat, memberikan dampak positif bagi pelaku usaha, konsumen, dan masyarakat, meskipun penyebarannya belum merata di seluruh wilayah. Bagi pelaku UMKM, E-Commerce menjadi strategi penting untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, serta meminimalkan biaya promosi. E-Commerce juga berperan dalam meningkatkan kesadaran terhadap produk lokal dan mendorong inovasi dalam menghadapi persaingan pasar. Di Kecamatan Wonomulyo, banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan pendapatan dengan menjangkau konsumen secara lokal maupun global. Faktor-faktor seperti sumber daya manusia, infrastruktur internet, dan ketenagalistrikan memengaruhi efektivitas pemanfaatan E-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Commerce (E-Commerce) terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, serta memberikan gambaran strategis mengenai peran E-Commerce dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di era digital. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa E-Commerce berpengaruh signifikan positif terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kecamatan Wonomulyo. Hal dilihat dari omzet penjualan, jumlah pelanggan, dan jumlah pendapatan sebagai sarana untuk melakukan pemasaran produk dan kegiatan transaksi jual beli setelah memanfaatkan E-Commerce untuk kegiatan usaha bagi pelaku UMKM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummi Kalsum, Andi Gunawan Ratu Chakti, Rahmi Tria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.