Determinan E-Quality Service Dan E-Trust Terhadap Costumer Satisfaction (Studi : Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Di Kabupaten Mamuju)

Authors

  • Ansar Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju
  • Suharlina Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.59903/ebussiness.v4i2.122

Keywords:

E-Quality Service, E-Trust, Costumer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-quality service dan e-trust terhadap customer satisfaction pengguna aplikasi MyTelkomsel di Kota Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian eksplantori dengan pendekatan kuantitatif. populasi penelitian sebanyak 27.882 pengguna MyTelkomsel yang ada di Mamuju, penentuan sampel memakai persamaan slovin, dengan teknik sampling purposive, kriteria yang digunakan adalah pengguna Aplikasi MyTelkomsel dengan range periode 2 tahun keatas. Pengujian kualitas instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data menggunakan regresi linear berganda, selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa e-quality service memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, dengan nilai t hitung sebesar 7,403 dan signifikansi 0,000. Demikian pula, e-trust juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, dengan t hitung 4,713 dan signifikansi 0,000. Analisis simultan mengungkapkan bahwa e-quality service dan e-trust secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap customer satisfaction, terbukti dengan nilai F hitung 113,047 dan signifikansi 0,000. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas layanan elektronik dan kepercayaan pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan user experience melalui desain antarmuka yang intuitif, kecepatan aplikasi, dan fitur yang relevan, serta menjaga keamanan dan privasi data pengguna untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan agar tercipta kepuasan pengguna.

Downloads

Published

30-01-2025