Pengaruh E-CRM dan E-Service Quality terhadap Customer Loyalty melalui Customer Experience

Authors

  • Velisa Stevannie Universitas Pendidikan Indonesia
  • Btari Mariska Purwaamijaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rangga Gelar Guntara Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59903/ebussiness.v5i1.179

Keywords:

E-CRM, e-service quality, customer experience, customer loyalty

Abstract

Pertumbuhan pesat industri transportasi online di Indonesia menimbulkan tantangan besar bagi perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, terutama di tengah persaingan ketat dengan layanan serupa seperti Gojek dan Grab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dan kualitas layanan elektronik (e-service quality) terhadap loyalitas pelanggan (customer loyalty), dengan pengalaman pengguna (customer experience) sebagai variabel mediasi, dalam konteks penggunaan aplikasi MyBluebird milik PT Blue Bird Tbk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner online kepada 228 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi MyBluebird. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-CRM dan e-service quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty baik secara langsung maupun tidak langsung melalui customer experience. Selain itu, customer experience terbukti memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty, sekaligus memediasi hubungan antara E-CRM dan e-service quality terhadap customer loyalty. Temuan ini mempertegas bahwa pengalaman pelanggan yang positif merupakan faktor krusial dalam membentuk loyalitas di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam memperluas kajian loyalitas pelanggan dalam konteks transportasi online serta memberikan rekomendasi praktis bagi PT Blue Bird Tbk untuk meningkatkan strategi E-CRM dan kualitas layanan digital melalui penciptaan pengalaman pengguna yang lebih personal, aman, dan memuaskan

Downloads

Published

26-06-2025