Akuntabilitas Keuangan Sekolah sebagai Upaya Transparansi Pengelolaan Dana Pendidikan di SMK Muhammadiyah Wonomulyo

Authors

  • Nursan Safitri
  • Muhammad Alwi Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
  • Albar Albar Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.59903/ebussiness.v5i1.191

Keywords:

Akuntabilitas Keuangan, Transparansi, Dana BOS, Partisipasi Publik, Manajemen Keuangan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi akuntabilitas keuangan sekolah dalam rangka meningkatkan transparansi pengelolaan dana pendidikan di SMK Muhammadiyah Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap praktik keuangan sekolah, termasuk laporan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sumbangan masyarakat, serta donasi dari pihak luar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan prinsip akuntabilitas melalui pencatatan keuangan yang terstruktur, pelaporan rutin dalam rapat keuangan (bulanan, triwulanan, dan akhir tahun), pelaporan daring ke dinas pendidikan, serta keterlibatan aktif komite sekolah dan wali murid dalam evaluasi keuangan. Selain itu, transparansi terhadap penggunaan dana sosial seperti donasi dari alumni dan koperasi syariah memperkuat kepercayaan publik. Temuan ini menunjukkan bahwa akuntabilitas keuangan yang dilakukan tidak hanya sebatas kewajiban administratif, melainkan menjadi sarana membangun partisipasi dan pengawasan masyarakat secara aktif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sistem digitalisasi pelaporan dan pelatihan SDM untuk meningkatkan efisiensi dan kejelasan informasi keuangan sekolah.

Downloads

Published

26-06-2025