Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Layanan terhadap Peningkatan Penjualan melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pink Cafe
DOI:
https://doi.org/10.59903/ebussiness.v5i1.195Keywords:
Inovasi Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Peningkatan PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan kualitas layanan terhadap peningkatan penjualan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui SmartPLS 3.0. Data dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner berskala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (t = 2,707; p = 0,007) dan kepuasan pelanggan (t = 9,753; p = 0,000). Kepuasan pelanggan sendiri berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan (t = 9,753; p = 0,000). Sebaliknya, inovasi produk tidak memiliki pengaruh signifikan baik terhadap peningkatan penjualan (t = 0,961; p = 0,337) maupun terhadap kepuasan pelanggan (t = 0,588; p = 0,557). Mediasi kepuasan pelanggan hanya signifikan pada hubungan antara kualitas layanan dan peningkatan penjualan (t = 4,487; p = 0,000), namun tidak signifikan pada hubungan antara inovasi produk dan peningkatan penjualan (t = 0,574; p = 0,0574). Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan merupakan strategi yang lebih efektif dibandingkan inovasi produk dalam meningkatkan kepuasan dan penjualan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Whisnu Adiputra, Samsul Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.