ANALISIS ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING PADA USAHA KECIL DI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.59903/ebussiness.v2i1.32Keywords:
Usaha Kecil, Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Keunggulan BersaingAbstract
Usaha kecil merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri umumnya ia dimiliki oleh perseorangan dimana perkembangannya dalam pasar belum sepenuhnya mampu bersaing sehingga perlunya penerapan yang sesuai. Orientasi pasar adalah serangkaian aktivitas, proses dan perilaku yang digerakkan dari implementasi konsep pemasaran yang terdiri atas tiga komponen yaitu orientasi pasar, orientasi pelanggan dan koordinasi interfungsional. Orientasi pembelajaran suatu mekanisme yang mempengaruhi kemampuan karyawan terdiri atas tiga tujuan yaitu komitmen pada pembelajaran, keterbukaan pikiran dan visi perusahaan. Keunggulan bersaing adalah keunggulan diatas pesaing yang diperoleh dengan menawarkan nilai lebih kepada konsumen ini berfokus pada dua strategi yaitu strategi biaya rendah dan strategi pembeda.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil orientasi pasar, orientasi pembelajaran, serta keunggulan bersaing pada usaha kecil di Makassar, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil yaitu rata-rata setuju pada penerapan orientasi pasar, setuju pada penerapan orientasi pembelajaran dan setuju pada keunggulan bersaing yang diterapkan. Ketiga variabel mampu memberikan efek yang baik pada pelaksanaan usaha kecil di Makassar pada pasar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal E-bussiness Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.