Strategi Komunikasi Pemasaran Alfa Mart dalam Menarik Minat Konsumen di Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat
DOI:
https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i2.83Keywords:
Stategi Komunikasi Pemasaran, Menarik Minat KonsumenAbstract
Di era globalisasi ini, banyak investor membuka usaha di bidang waralaba. Investor berlomba-lomba menanamkan modalnya dengan membuka usaha seperti Alfamart, Indomaret, Alfa Mart dan sejenisnya. Contohnya seperti Alfa Mart yang berada di Kecamatan Mapilli. Peluang usaha ini membuat investor merasa mendapatkan kembali peluang emas pasca terjadinya krisis moneter beberapa tahun yang lalu.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Apa strategi pemasaran yang digunakan Perusahaan Alfa Mart dalam menarik minat konsumen di Kecamatan Mapilli. (2) Bagaimanakah pengaruh strategi pemasaran Alfa Mart terhadap perilaku konsumen di Kecamatan Mapilli.
Penelitian ini dilakukan di Alfa Mart Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Data penelitian ini di ambil melalui panduan wawancara terhadap Manajemen Alfa Mart Kecamatan Mapilli dan konsumen Alfa Mart, serta melakukan observasi dan studi kepustakaan (library research). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penentuan sampel dengan menggunakan porpuse sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alfa Mart Kecamatan Mapilli melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minak konsumen di Kecamatan Wonomulyo adalah dengan mengacu pada beberapa elemen komunikasi pemasaran terpadu atau biasa disebut dengan intergrated marketing communication (IMC) dimana secara garis besarnya marketing Alfa Mart Kecamatan Mapilli terbagi atas tiga bagian yaitu marketing communication, sales marketing, dan marketing event dimana didalam ketiga elemen marketing tersebut mempunyai startegti komunikasi pemasarannya masing-masing yang diantaranya adalah periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, public relation, personl selling(kewiraniagaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.