Kinerja Karyawan Dianalisis dengan Pendidikan dan Pengalaman Kerja dengan Kemanpuan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Distributor di Kab. Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i2.88Keywords:
Pendidikan, Pengalaman kerja, kemampuan kerja, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja karyawan dianalisis melalui pendidikan dan pengalaman kerja dengan kemanpuan kerja sebagai variabel intervening pada perusahaan distributor di kab. Tangerang. Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu dengan penyebaran Pandemi Covid 19, sistem pendidikan karyawan mengalami krisis baru, karena lebih dari 90% karyawan tidak bisa mengikuti Pendidikan dan Latihan yang diberikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja karyawan di analisis melalui pendidikan dan pegalaman kerja dengan kemanpuan kerja sebagai varibel intervening pada perusahaan distributor di kab. Tangerang. Penelitian ini menggunkan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini sebanyak 341 populasi teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple.Random Sampling data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument yang di kembangkan oleh peneliti dengan menggunakan di mensi dan indikator dari para alhi konsen meneliti kinerja karyawan, pendidikan, pengalaman kerja dan kemanpuaan kerja. Data dianalisis dengan menggunkan model Stuctucal Equation Modelling (SEM) dengan alat bantu Smart-PLS Versi 3.0.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan terhadap kemanpuan kerja dengan R2 0,127, 2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pengalaman kerja terhadap kemanpuan kerja dengan R2 0,648, 3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan terhadap kinerja karyawan dengan R2 0,121, 4) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan dengan R2 0,236, 5) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemanpuan kerja terhadap kinerja karyawan dengan R2 0,599, 6) tidak terdapat yang signifkan pengaruh secara tidak langsung pendidikan terhadap kenerja karyawan melalui kamanpuan kerja dengan R2 0,076 7) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh secara tidak langsung pengalaman kerja terhadap kinerja melalui kemanpuan kerja dengan R2 0,388.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucianti Sukiana Sari, Samsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.