Pembuatan Video Promosi untuk UMKM di Desa Kunyi dalam Meningkatkan Pemasaran dan Daya Saing Produk Lokal
Kata Kunci:
UMKM, Pembangunan ekonomi pedesaan, promosi, pemasaran globalAbstrak
UMKM memiliki peranan signifikan terhadap proses pengembangan ekonomi dan mampu memberikan kontribusi positif kepada pemerintah, terutama dalam mengatasi isu penyerapan tenaga kerja atau sumber daya manusia, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, serta peningkatan sejumlah sektor, seperti sektor pariwisata dan pertumbuhan pendapatan nasional.Maraknya digitalisasi yang ada, mendesak para pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing dengan membekali diri kemampuan pemasaran dan kepemilikan konten pemasaran digital yang up to date berpartisipasi dalam ekosistem ekonomi dan digital sehingga pemanfaatan teknologi digital dan kapasitas konektivitas UMKM berbanding lurus dengan peningkatan penjualan dan keberlanjutan pasar dengan eksposur internasional.Esensi dari pemasaran ini sangat krusial sebab menjadi ujung tombak dalam penjualan baik secara online maupun offline oleh UMKM. Lebih spesifik lagi pada pemasaran digital karena adanya perubahan teknologi yang serba cepat mau tidak mau UMKM juga harus catch up untuk meningkatkan penjualan retail mereka sehingga sebagai peserta KKN dengan Tema digitalisasi berkewajiban untuk meningkatkan promosi UMKM yang diproduksi oleh Kwt MEKAR Desa Kunyi untuk dapat berdaya saing tidak hanya dalam kanca nasional tapi sampai kepada pemasaran global.