Pemberdayaan SDN 036 Pucceda Melalui Adaptasi Teknologi

Penulis

  • Akmal Abd. Jalil
  • Akmal Abd Jalil Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar

Kata Kunci:

Adaptasi teknologi, Era digital, Digitalisasi sekolah, Pemanfaatan teknologi, Pembelajaran berbasis teknologi

Abstrak

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberdayakan SDN 036 Pucceda melalui adaptasi teknologi. Melalui kegiatan ini, kami berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, khususnya guru dan siswa, dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran. Penekanan diberikan pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, akses informasi, serta mempersiapkan siswa dan guru untuk era digital yang semakin maju. Program ini dirancang untuk membantu SDN 036 Pucceda beradaptasi dengan perubahan cepat di dunia pendidikan melalui implementasi teknologi yang tepat guna dan berkelanjuta. SDN 036 Pucceda menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan akibat keterbatasan pemanfaatan teknologi, rendahnya kompetensi guru dalam penggunaan perangkat digital, serta akses terbatas siswa terhadap sumber belajar berbasis teknologi. Kondisi ini menghambat terciptanya proses pembelajaran yang efektif,inovatif,dan relevan dengan perkembangan eradigital.Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan SDN 036 Pucceda melalui adaptasi teknologi guna meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan perangkat digital, memperluas akses siswa terhadap sumber belajar berbasis teknologi, serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait kebutuhan teknologi serta evaluasi efektivitas penerapannya. Pelaksanaan adaptasi teknologi dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru dalam penggunaan perangkat digital dan aplikasi pembelajaran interaktif, serta pendampingan kepada siswa dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana belajar.SDN 036 Pucceda, berlokasi di Desa Nepo, Kecamatan wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi proses pembelajaran, serta dokumentasi penggunaan perangkat digital dan aplikasi pembelajaran interaktif. Analisis data menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi, akses siswa terhadap sumber belajar digital, dan efektivitas proses pembelajaran setelah implementasi program adaptasi teknologi. Implementasi adaptasi teknologi di SDN 036 Pucceda telah meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan platform digital untuk pembelajaran daring selama pandemi. Selain itu, adaptasi teknologi dalam konteks pendidikan dasar efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa.Namun, keberhasilan jangka panjang memerlukan program yang berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31